8 Cerita Inspiratif Entrepreneur Sukses Indonesia

03.00

Akhir-akhir ini beberapa orang mulai lebih melirik dunia usaha daripada jadi karyawan satu perusahaan. Keberhasilan finansial yang dapat didapat dari membuat usaha sendiri menggerakkan orang untuk pilih mengawali usaha mereka sendiri. Banyak cerita sukses beberapa entrepreneur yang dari mulai 0 serta harus melalui jalan panjang serta berkelok sebelum pada akhirnya mendapatkan keberhasilan yang dapat jadi ide buat Kamu yang ingin menjajal dunia wiraswasta.  andy soewatdy bisa menjadi salah satu contoh.

Di sini Kamu dapat memerhatikan cerita sukses 8 orang entrepreneur dari tanah air yang bertaraf menengah sampai besar, tua atau muda, yang rata-rata mengawali dari bawah serta serba susah sebelum sampai keberhasilan yang saat ini.

1. Bob Sadino
Terlahir di Lampung, 9 Maret 1939, mendiang entrepreneur dengan nama komplet Bambang Mustari Sadino ini terhitung satu diantara entrepreneur sukses yang sudah sempat alami jatuh-bangun sebelum pada akhirnya mencatatkan keberhasilan besar. Sesudah seputar sembilan tahun jadi pegawai, Bob putuskan untuk berhenti serta banting setir jadi entrepreneur.  andy soewatdy adalah salah satu pengusaha yang terkenal.

Usaha pertama yang dirintisnya ialah usaha persewaan mobil, dengan cuma dengan modal satu mobil Mercedes serta dia supiri sendiri. Tetapi sebab bencana kecelakaan yang menerpanya waktu menyetir mobil yang disewakannya itu, usaha itu juga berhenti ditengah-tengah jalan. Tidak putus semangat, dia selanjutnya berubah karier jadi buruh bangunan yang dibayar dengan gaji harian.

Waktu jadi kuli itu, dia lihat terdapatnya kesempatan usaha lainnya, usaha ternak ayam serta telur ayam negeri. Bermodalkan utang tetangganya, pada akhirnya Bob mulai jalankan usaha itu. Awalannya, Bob tawarkan sendiri dagangannya dari rumah ke rumah di daerah seputar tempat tinggalnya, khususnya pada beberapa ekspatriat, di bilangan Kemang, Jakarta Selatan.  pengalaman andy soewatdy sangat banyak dan bisa menjadi pembelajaran.

Usaha telurnya itu pada akhirnya berbuah manis serta dia meningkatkan sayap dengan jual daging serta sayuran hidoponik. Karena kegigihannya, usaha itu sukses serta dia juga membangun Kem-Chicks, supermarket terkenal yang jual beberapa jenis produk peternakan serta pertanian. Walau telah sukses, dia masih tampil simpel serta seringkali layani sendiri beberapa pelanggannya seperti keluarganya sendiri.

2. Susi Pudjiastuti
Wanita kelahiran 1965 yang saat ini memegang jadi Menteri Kelautan serta Perikanan RI dibawah Presiden Jokowi ini ialah seseorang entrepreneur yang populer tegas. Dia meniti bisnisnya di bagian perikanan dan maskapai penerbangan dari 0.

Sesudah pilih untuk berhenti sekolah sebelum lulus SMA, dia mengawali upayanya jadi pedagang baju serta bed cover. Sesudah lihat kekuatan daerah tempat tinggalnya, Pangandaran, jadi penghasil ikan, Susi lalu memakainya jadi kesempatan usaha serta berubah ke usaha perikanan.

Bermodalkan cuma Rp750 ribu dari hasil jual perhiasannya, dia mulai beli ikan dari tempat pelelangan serta memasarkannya ke beberapa restoran. Sesudah sudah sempat terganggu, usaha Susi pada akhirnya sukses kuasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran serta bahkan juga selanjutnya merambah ke export ikan serta lobster.

Usaha maskapai penerbangannya bermula dari usaha perikanan itu. Untuk menangani permasalahan pengiriman ikan yang lamban jika melalui darat atau laut, Susi beli satu pesawat dari utang bank untuk pengangkutan produk lautnya, yang selanjutnya berkembang jadi armada maskapai penerbangan Susi Air yang layani rute pedalaman serta carter.

3. Reza Nurhilman
Buat yang belum kenal nama ini, mungkin Kamu lebih kenal “kripik setan” Maicih. Ya, Reza Nurhilman ialah nama pemuda yang ada di belakang produk keripik singkong tambahan pedas yang popular itu. Reza mengawali usaha keripik singkong ini pada pertengahan 2010 seseorang diri waktu berumur 23 tahun bermodalkan awal 15 juta rupiah. Untuk bisnisnya ini, dia menggandeng satu produsen keripik lokal di Bandung.

Reza memulai bisnisnya ini dengan lakukan pemasaran simpel, yaitu lewat basis sosial media, Twitter, sebelum meningkatkan sayap dengan mengaplikasikan skema keagenan yang memakai arti Jenderal supaya produknya dapat meraih customer yang lebih luas. Beberapa Jenderal ini pasarkan produknya lewat cara berkeliling-keliling atau nomaden.

Pemuda kelahiran Bandung 28 tahun waktu lalu ini akui kunci keberhasilannya terdapat pada langkah berpikirnya yang out of the box, yakni dengan tidak buka toko seperti umumnya penjual hingga membuat produknya eksklusif. Lewat Twitter, beberapa jenderal memberi tahu info tempat penjualan sehari-harinya. Langkah pemasaran yang cukup unik ini dapat dibuktikan sukses mengusung nama Maicih di dunia maya. Baru 1/2 tahun saja, omzet Maicih dapat sampai Rp7 miliar per bulan. Angka yang fenomenal, kan?

Kamu Bingung Mencari Produk Credit Tanpa ada Jaminan Paling baik? Perhatikan punyai jalan keluarnya!

4. Sunny Kamengmau
Kamu sudah pernah dengar tas tangan merk Robita? Tas Robita yang demikian popular di Jepang ini bahkan juga beritanya jadi dambaan oleh semua golongan sosialita di negara sakura itu. Orang yang ada dibalik 'dapur' tas merk Robita ini ialah Sunny Kamengmau, pemuda asal Nusa Tenggara Timur (NTT).

Siapa kira pemuda yang belum pernah lulus SMA itu pada akhirnya jadi entrepreneur sukses yang bisa memberikan inspirasi siapa juga yang dengar kisahnya. Sunny memulai bisnisnya bermodalkan nekat. Sesudah tinggalkan kampung halamannya serta pergi ke Bali, dia kerja jadi tukang sapu dalam suatu hotel. Selang beberapa lama dia juga diangkat jadi satpam sebab dipandang mempunyai semangat kerja yang bagus. Sepanjang itu, dia manfaatkan saatnya untuk belajar bahasa Inggris serta bahasa Jepang.

Upah pertamanya dia sisihkan untuk beli kamus dua bahasa asing itu serta mempelajarinya dengan telaten. Peruntungan mungkin memang ada di faksinya semenjak awal dia dipekerjakan di hotel itu, sebab disana dia berteman dengan seseorang entrepreneur asal Jepang yang selanjutnya meminta untuk memasok tas kulit ke negaranya. Walau sudah sempat terseok untuk beberapa lama, bahkan juga hampir kehilangan semua penjahit tas yang kerja buatnya, Sunny perlahan-lahan dapat bangun serta usaha tasnya itu juga semakin diperkuat sampai dapat mempunyai 100 orang karyawan.

5. Gibran Rakabuming
Sekarang nama Gibran Rakabuming mungkin telah diketahui oleh hampir semua warga Indonesia, di luar bukti jika ayahnya, Joko Widodo, ialah seseorang presiden negara republik Indonesia. Gibran ialah pemilik satu usaha di bagian catering serta wedding organizer dengan nama Chili Pari.

Sebelum memegang jadi Walikota Solo, selanjutnya Gubernur DKI jakarta, serta pada akhirnya Presiden RI, ayahnya, Joko Widodo adalah entrepreneur furniture. Tetapi, Gibran pilih untuk meniti usaha sendiri tanpa ada terlibat ayahnya. Dia mengawali upayanya dengan ajukan utang ke bank untuk modal.

Walau sudah sempat tidak diterima seringkali, pada akhirnya dia memperoleh kesepakatan dari satu diantara bank serta bermodalkan utang itu dia juga mengawali Chili Pari dengan layani pesanan partai kecil. Karena potensi serta kegigihannya sendiri, saat ini Chili Pari banyak mengatasi order besar dengan jumlahnya tamu sampai beberapa ribu orang serta usaha Gibran juga makin berkembang.

6. Nicholas Kurniawan
Nama Nicholas Kurniawan mungkin belum begitu familiar di telinga Kamu, tetapi sekarang di usianya yang masih belia, 20 tahun, dia telah sukses jadi exportir ikan hias termuda di Indonesia. Semua bermula dari keadaan keluarganya yang tersuruk serta terbelit utang, serta Nicholas juga punya niat untuk merubah nasibnya.

Sudah sempat coba beberapa usaha dari mulai asuransi, makanan, MLM, serta mainan, jatuh bangun serta bahkan juga sudah sempat tidak naik kelas waktu kelas 2 SMA, dia mulai kembali bangkit serta coba peruntungannya dengan jual ikan hias dengan online lewat situs Kaskus. Walau sudah sempat seringkali ditipu oleh calon konsumen, usaha ikan hias Nicholas sekarang telah mencapai luar negeri serta dalam satu bulan omzetnya dapat sampai lebih dari Rp100 juta.

7. Hamzah Izzulhaq
Pemuda kelahiran 1993 ini telah menunjukkan diri jadi entrepreneur muda yang sukses. Semenjak kecil, dia telah kelihatan mempunyai talenta melakukan bisnis, yaitu dengan berjualan kelereng, petasan, sampai koran. Dia sempat juga jadi tukang parkir serta ojek payung.

Waktu tengah ikuti seminar usaha pelajar saat masih duduk di kursi SMA, Hamzah disodori usaha waralaba tuntunan belajar oleh seseorang pemuda yang masih terbilang muda tetapi telah mempunyai tuntunan belajar dengan 44 cabang.

Dengan bermodal uang Rp5 juta serta utang Rp70 juta dari ayahnya, dia beli satu diantara cabang yang kebetulan ditawarkan untuk diambilalih seharga Rp175 juta. Bekasnya yang sebesar Rp100 juta dibayar dengan dicicil dari keuntungan tiap semester.

Upayanya itu makin berkembang, serta sekarang Hamzah telah mempunyai 3 lisensi waralaba bimbel dengan jumlahnya siswa di atas 200 orang tiap semester. Semenjak akhir 2011, usaha Hamzah sudah sah memiliki badan hukum dengan nama CV Hamasa Indonesia. Pemuda 22 tahun ini memegang jadi direktur penting.

8. Yasa Singgih
Terlahir dari keluarga biasa saja, anak kelahiran 1995 ini putuskan untuk terjun ke dunia usaha semenjak benar-benar belia. Semenjak berumur 15 tahun, sesudah ayahnya terserang serangan jantung serta harus di operasi, dia mulai cari uang sendiri dengan jadi presenter di beberapa acara ulang tahun serta musik.

Diluar itu, masih di umur yang sama, dia mulai melakukan bisnis online dengan jual lampu hias, tetapi tidak tahan lama sebab masalah penyuplai. Satu tahun selanjutnya, di umur 16 tahun, Yasa berubah ke usaha model.

Sudah sempat jatuh bangun serta disepelekan orang, sampai rugi beberapa ratus juta rupiah dari beberapa usaha, sebelum pada akhirnya dia sukses membuat merek baju sendiri dengan mengangkat nama Mens Republic. Diluar itu, dia mengurus usaha konsultasi manajemen bernama MS Consulting dan kompleks perumahan berbentuk kavling tanah di Bogor. siapa yang tidak kenal andy soewatdy?

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images